Beranda » Ikan Air Tawar » 8 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

8 Jenis Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Memelihara ikan adalah hobi yang cukup menyenangkan, di mana hal tersebut dapat meredakan stres setelah lelah beraktivitas. Namun dalam pemeliharaanya, perlu ketekunan dan kesabaran, sehingga banyak penghobi lebih memilih jenis ikan hias air tawar yang mudah untuk dipelihara saja.

Ikan mudah ini maksudnya minim perawatan, kuat, dan tidak merepotkan si pemilik.

Ikan Hias yang Mudah Dipelihara

Lalu jenis ikan hias air tawar apa saja yang mudah dipelihara oleh pemula? Berikut daftarnya!

1. Ikan Manfish

Manfish Ikan yang Mudah Dipelihara

Ikan manfish banyak yang menyebutnya sebagai ikan layang-layang, karena memang tubuhnya mirip bentuk layangan.

Hewan air ini pun tergolong ikan yang relatif mudah untuk dipelihara, jadi cocok buat yang ingin memelihara ikan cantik namun enggan ribet untuk urusan perawatan.

Makanan ikan manfish bisa berupa pelet, maupun pakan alami seperti cacing dan potongan udang kecil. Asalkan memberi pakan secara teratur (2-3 kali sehari dengan porsi secukupnya), ikan ini dapat menghiasi aquarium dalam jangka waktu lama.

Beberapa jenis ikan manfish yang umum dipelihara seperti Albino, Marble, Gold, Siver maupun Zebra.

Dari segi harga pun ikan air tawar ini tidak terlalu mahal, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu untuk kualitas yang bagus.

2. Ikan Lemon

Ikan Lemon

Ikan lemon menjadi pilihan banyak penggemar ikan hias karena warnanya yang cerah dan mudah dalam urusan perawatan.

Berbicara soal makanan, ikan asal Afrika ini pun tidak rewel dalam urusan pakan. Ia bisa makan pelet, maupun pakan alami seperti cacing beku dan cacing sutera.

Namun Anda perlu waspada, karena ikan jenis cichlid ini lumayan agresif, apalagi jika satu aquarium dengan ikan yang memiliki sirip panjang. Biasanya lemon akan menggigiti ikan yang memiliki sirip berjuntai seperti ikan komet atau maskoki.

Jadi, jika Anda ingin memeliharanya, usahakan gabungkan si lemon ini dengan jenis-jenis cichlid Afrika lainnya.

Mengenai harga, lemon termasuk ikan hias cantik yang murah harganya. Anda bisa membeli ikan ini mulai dari Rp.5.000.

3. Ikan Guppy

Ikan Guppy

Bagi penggemar ikan-ikan kecil, guppy bisa menjadi salah satu pilihan menarik untuk dipelihara. Keelokan ekor ikan ini yang berwarna-warni, menjadi daya tarik tersendiri bagi yang melihatnya.

Namun, tak afdol rasanya jika memelihara ikan guppy hanya seekor saja, karena ikan ini akan lebih indah jika memeliharanya lebih dari 5 ekor dalam satu aquarium. Anda akan melihat mereka berenang bersama dengan corak menyala yang begitu mengesankan.

Tak usah khawatir soal harga, ikan guppy ini umumnya murah kok! Harganya berkisar antara ribuan hingga puluhan ribu per ekornya.

Dari segi kekuatan, ikan lumayan kuat bertahan dalam air yang tidak terlalu bersih. Bahkan, ikan cantik ini pun mampu hidup meski tanpa bantuan aerator.

4. Ikan Cupang

Cupang Ikan yang Mudah Dipelihara

Ikan laga ini lagi booming banget di Indonesia, terutama dijadikan sebagai cupang hias, tidak lagi sebagai cupang adu seperti dulu.

Dalam hal pemeliharaannya, ikan cupang bisa Anda tempatkan pada wadah kecil seperti bekas tempat selai. Artinya cupang tak butuh media besar seperti aquarium.

Tetapi, jangan sampai menggabungkan dua cupang jantan dalam satu media, mereka akan berkelahi.

Media penunjang hidupnya juga tidak macam-macam, karena cupang termasuk ikan hias yang mudah dipelihara tanpa oksigen. Jadi meskipun tanpa aerator, cupang masih bisa bertahan hidup.

Sekarang-sekarang ini, cupang sedang naik daun, sehingga harganya agak cukup mahal. Tapi tergantung jenisnya juga, ada yang puluhan ribu, bahkan sampai jutaan Rupiah untuk kualitas kontes.

Jenis-jenis ikan cupang yang beredar di pasaran seperti, halfmoon, serit, double tail, maupun slayer.

Lebih lanjut mengenai cupang, Anda bisa baca makanan terbaik untuk ikan cupang.

Sedangkan untuk setup aquarium cupang yang cantik, Anda bisa menghiasnya dengan macam-macam tanaman air untuk ikan cupang.

5. Ikan Oscar

Oscar

Untuk penggemar ikan predator, Oscar bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain cantik, predator ini pun termasuk ikan hias yang mudah dipelihara.

Berhubung Oscar ikan karnivora (meski ada kecenderungan herbivora), maka Anda dapat memberinya pakan berupa ikan-ikan kecil, udang, maupun cacing sutera.

Beberapa jenis oscar yang cukup populer seperti, Tiger, Albino, Slayer, Batik maupun Veil Tail. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu Rupiah.

6. Ikan Maskoki

Ikan maskoki

Ikan lucu bertubuh gempal ini juga merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara. Jadi, tak heran kalau maskoki selalu ada hampir di setiap akuarium rumahan.

Selain karena bentuk tubuhnya yang unik, maskoki juga dipercaya dapat membawa hoki bagi pemilikinya. Tetapi itu kembali lagi kepada kepercayaan masing-masing.

Dari segi harga, maskoki juga tergolong ikan yang tidak begitu mahal. Anda bisa mendapatkan ikan cantik ini mulai dari Rp.10.000 hingga ada yang mencapai belasan juta untuk kualitas kontes.

Namun, yang perlu Anda perhatikan dalam pemeliharaan maskoki adalah soal makanan dan fesesnya. Karena maskoki ikan rakus, maka ia juga akan menghasilkan feses yang lumayan banyak. So, Anda butuh sistem filtrasi yang baik.

Salah satu jenis ikan mas koki yang lucu dan populer adalah mas koki oranda. Anda bisa baca panduan pemeliharaannya di sini.

7. Lele Hias

Glass Catfish

Tidak semua jenis lele bentuknya monoton seperti yang biasa kita konsumsi, terdapat lele hias cantik dengan berbagai ragam.

Misalnya saja lele kaca atau glass catfish. Hewan air ini begitu cantik dengan tubuh transparan yang mungil.

Bagusnya, glass catfish termasuk ikan yang gampang pemeliharaannya, sehingga pemilik tak perlu repot menyiapkan apa yang ia butuhkan.

Selain glass catfish, jenis lele hias lain yang juga tak kalah populer adalah red tail catfish. Ikan predator ini pun cukup kuat, namun butuh aquarium besar untuk memeliharanya.

8. Ikan Komet

Ikan Komet gampang dipelihara

Bagi penggemar ikan bercorak namun tidak mau repot mengurusnya, ikan komet bisa menjadi salah satu pilihan tepat.

Selain memiliki paras yang menawan, ikan ini pun bisa dicampur dengan jenis-jenis ikan damai lainnya.

Untuk urusan bertahan hidup, ikan komet termasuk ikan yang kuat dan mampu bertahan pada kondisi air yang kurang baik.

Dari segi harga, ikan hias ini cukup murah serta gampang untuk ditemukan di penjual ikan hias manapun.

Well, itulah berbagai jenis ikan hias air tawar yang mudah dipelihara. Yang mana pilihan Anda?