Beranda » Ikan Air Tawar » 8 Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

8 Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar dan Warnanya Bagus

Makanan Terbaik untuk Ikan Cupang

Kalau berbicara soal pemeliharaan, tentu tak lepas dari yang namanya pakan. Begitu pun saat Anda ingin memelihara ikan cupang, pastinya Anda akan bertanya apa makanan terbaik untuk ikan cupang, entah itu agar cepat besar atau warnanya menjadi bagus.

Cupang merupakan ikan hias yang sedang booming belakangan ini, meskipun sebenarnya sudah lama juga ikan ini banyak peminatnya.

Keelokan warna serta banyaknya varian cupang, menjadikan ikan air tawar ini begitu populer di kalangan penghobi ikan hias.

Namun, tidak sedikit yang memelihara cupang untuk dijadikan ikan laga atau petarung.

Selain itu, cupang termasuk ikan yang mudah dipelihara, bisa hidup hanya dengan aquarium nano, bahkan termasuk ikan yang bisa hidup tanpa aerator.

Makanan untuk Ikan Cupang agar Cepat Besar dan Meningkatkan Warna

Nah, balik lagi ke pembahasan awal mengenai apa makanan terbaik untuk ikan cupang. Langsung aja simak daftarnya berikut!

1. Cacing Beku

Cacing memang menjadi makanan favorit bagi kebanyakan ikan hias karnivora maupun omnivora, termasuk cupang.

Namun beberapa penghobi tidak mau repot-repot untuk mencari cacing sendiri, sehingga mereka memilih yang lebih praktis, yaitu dengan memberi cacing beku.

Sebenarnya cacing beku sama saja dengan cacing hidup, hanya saja sudah dibekukan agar lebih praktis dan tetap fresh.

Dengan kadar protein yang cukup tinggi, cacing beku merupakan salah satu makanan terbaik yang bagus diberikan agar ikan cupang cepat besar.

2. Cacing Sutera

Makanan terbaik untuk ikan cupang selanjutnya adalah cacing sutera. Meskipun mereka tinggal di perairan-perairan kotor seperti got dan selokan, namun jika dijadikan pakan, cacing sutera dapat berdampak baik bagi pertumbuhan ikan.

Itu karena cacing sutera juga mengandung protein yang lumayan tinggi.

Kalau Anda tak mau repot mencari cacing sutera, Anda bisa membelinya di toko-toko ikan hias terdekat, maupun secara online.

3. Kutu Air

Sebagai variasi makanan atau menu utama, Anda bisa memberi cupang kutu air. Kutu air memiliki kandungan lemak yang rendah, sehingga perlu diselingi dengan makanan lain agar pertumbuhan maksimal.

Manfaat memberi kutu air pada cupang, dipercaya dapat membuat ikan cupang warnanya jadi bagus, memperkuat daya tahan tubuh anakan, serta menguatkan tulang ikan cupang.

4. Kuning Telur

Makanan lain yang kaya protein adalah kuning telur. Jadi sebelum memberi cupang kuning telur, sebaiknya Anda merebus atau mengukusnya terlebih dulu, lalu berikan sedikit-sedikit saja.

Kelemahan memberi pakan jenis ini ialah dapat membuat air keruh dengan cepat. So, Anda perlu memberinya secukupnya saja dan tidak menyisakan banyak, agar pakan tidak cepat mengotori air.

Selain bagus buat cupang dewasa, anakan cupang juga bisa Anda berikan kuning telur yang sudah direbus dan dihaluskan. Kadar protein yang tinggi dapat membuat anakan cupang cepat besar.

5. Udang

Selain dari makanan di atas, Anda juga bisa memberikan udang yang telah dicincang halus atau kecil-kecil.

Jenis makanan yang satu ini juga kerap menjadi makanan favorit bagi kebanyakan ikan hias, terutama yang berwarna.

Udang dipercaya sebagai makanan untuk meningkatkan warna pada ikan hias, termasuk cupang.

Namun sebelum memberinya pada ikan, Anda harus mengupas kulit dan membuang bagian kepalanya dulu, jadi yang Anda berikan hanya daging bagian tubuhnya saja.

Di samping dapat mempertajam warna cupang, udang juga baik untuk pertumbuhan ikan, karena mengandung protein yang lumayan tinggi.

6. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk merupakan salah satu makanan ikan cupang yang paling umum. Dari mulai penghobi sampai peternak, kerap menggunakan jentik nyamuk sebagai makanan utama cupang.

Yang membuat makanan ini begitu populer ialah karena kemudahan dalam mendapatkannya. Sehingga tak perlu mengeluarkan budget khusus untuk pembelian pakan.

Selain itu, kandungan portein yang tinggi juga membuat jentik nyamuk alias “cuk” ini bagus untuk cupang yang masih kecil hingga remaja.

Untuk mendapatkan cuk, Anda bisa membelinya di toko ikan hias. Atau bisa Anda dapatkan sendiri dengan cara memasukkan bekas air cucian beras ke dalam ember, lalu taruh di tempat gelap dan terbuka. Tunggu beberapa hari hingga muncul jentik.

Baca Juga:

7. Artemia

Nah, kalau ini bagus buat makanan ikan cupang yang masih burayak atau anakan. Artemia (brine shrimp) adalah sejenis udang kecil yang biasa hidup di laut. sehingga dengan ukurannya yang kecil sangat cocok buat anakan ikan.

Seperti kebanyakan jenis udang, artemia pun mengandung tinggi protein yang dapat membuat ikan cupang cepat besar.

Kalau ingin memberinya pada anakan cupang, Anda bisa membilasnya dulu agar kandungan garamnya berkurang.

Anda bisa mendapat artemia di toko-toko ikan hias maupun secara online. Cuma tidak semua penjual ikan hias menyediakan artemia ini.

8. Pelet

Kalau tidak mau repot, Anda juga bisa memberi cupang kesayangan Anda pelet.

Ada berbagai macam pelet cupang yang beredar di pasaran dengan bermacam variasi harga.

Namun, pastikan semua nutrisi yang dibutuhkan cupang terkandung dalam pelet tersebut. Terutama kadar protein yang tinggi untuk mendukung pertumbuhan ikan.

Namun, Anda perlu waspada dalam memberikan pelet, karena pelet dapat mengakibatkan kembung pada ikan. Pelet dapat mengembang di perut ikan cupang.

So, sebelum memberikan pelet, sebaiknya Anda rendam dulu dalam air, agar teksturnya lebih empuk dan ramah untuk pencernaan cupang.

Pelet ini berguna untuk mempercepat pertumbuhan ikan cupang, sekaligus membuat warnanya menjadi bagus.

Baca Juga: Macam-macam Tanaman Air untuk Akuarium Ikan Cupang

Dari semua makanan ikan cupang di atas, masing-masing memiliki fungsi tersendiri. Jadi, untuk hasil maksimal sebaiknya Anda berikan secara selang-seling.